BINTEK/SOSIALISASI PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN

  • Jun 14, 2024
  • Abdul
  • Berita Kelurahan

"PermanLHK Nomor: P.32/MenLHK/Setjen/Kum.1/3/2016 tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan."

Riko-PPU, Rabu 14 Juni 2024,-BALAI PENGENDALIAN PERUBAHAN IKLIM DAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN WILAYAH KALIMANTAN dan DINAS KEHUTANAN PROPINSI KALTIM-UPTD KPHP BONGAN melakukan Bintek/Sosialisasi  Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kelurahan Riko-PPU.

Sekretaris Lurah riko Wulandari, S.Sos membuka secara resmi acara Sosialisasi tersebut dalam sambutannya Sekretaris Lurah menghimbau kepada peserta yang hadir di acara Sosialisasi tersebut agar tidak membuka lahan dengan cara membakar mengingat jumlah lahan yang terbakar sangat luas untuk itu pencegahan sejak dini sangat di perlukan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan khususnya di Kel.Riko ini tegasnya.

Dipaparkan langsung oleh Narasumber dari BALAI PENGENDALIAN PERUBAHAN IKLIM DAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN WILAYAH KALIMANTAN oleh saudara Decha Shera Mahardikha.

"Menerangkan siklus dan teknik pencegahan kebakaran hutan sekaligus menjelaskan pencegahan kebakaran hutan dan lahan itu adalah semua usaha, tindakan atau kegiatan yang dilakukan untuk mencegah atau mengurangi kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, dimana unsur-unsur api terdiri dari 3 bentuk yang dapat memicu timbulnya kebakaran yaitu: Bahan bakar (fuel), Oksigen (Oxygen), Panas (Heat)", ungkapnya.(Decha, S.M..)

Selain teori pada acara Sosialisasi tersebut juga diberikan alat praktek sederhana berupa pompa jinjing dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Para peserta juga diberikan souvenir acara sosialiasi yang berguna untuk peserta kegiatan.