PELATIHAN PEMBUATAN DODOL DARI SAWIT UNTUK MENINGKATKAN UMKN DIKELURAHAN RIKO

  • Aug 19, 2024
  • Habillah Hartono
  • Berita Kelurahan

Kabupaten Penajam Paser Utara Kelurahan Riko, 14 Agustus 2024

PELATIHAN PEMBUATAN DODOL DARI SAWIT UNTUK MENINGKATKAN UMKN DIKELURAHAN RIKO

Riko-PPU, Rabu 14 Agustus 2024-PELATIHAN PEMBUATAN DODOL  merupakan kegiatan yang diadakan oleh Mahasiswa KKN UNMUL PPU 22 dikelurahan riko.

Bertempat di Aula Gedung Serba Guna Kelurahan Riko Kabupaten PPU pada Rabu (14/08/2024). acara ini dibuka oleh Lurah Juliyansyah, S.T. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya pelatihan pembuatan dodol dari sawit agar masyarakat Riko dapat memanfaatkan sumber daya alam yang ada dengan optimal.

Dipaparkan langsung oleh panitia acara dari Ketua KKN UNMUL di kelurahan Riko oleh saudara Budi.

“Acara Sosialisasi yang kita adakan pada hari ini memiliki tujuan yang sangat penting, yaitu untuk meningkatkan UMKM yang ada di kelurahan Riko dengan mayoritas pekerjaan di sini adalah pekebun sawit, sehingga kami ingin memanfaatkan sawit tersebut menjadi bahan olahan makan yang bisa menjadi ciri khas yaitu dodol dari sawit.”ungkapnya (Budi).

Dodol adalah penganan yang dibuat dari tepung ketan, santan kelapa, dan gula merah, kadang-kadang dicampur dengan buah-buahan, seperti durian, sirsak dibungkus daun, atau kertas. dengan pelatihan ini diharapkan dodol yang dibuat ini dapat menjadi ciri khas yang berbeda karena bahan utamanya menggunakan inti sari dari sawit.

Selain itu juga acara ini hadir bersama warga kelurahan riko Kabupaten PPU sebanyak 37 peserta dari lingkup warga mengikuti acara ini.